Selasa, 26 Mei 2015

SISTEM KANTIN PERUSAHAAN

Banyak perusahaan menyediakan fasilitas kantin sebagai fasilitas tambahan kepada karyawan mereka. Untuk memaksimalkan pelayanan, perusahaan dapat menggunakan sistem manajemen kantin. Sistem manajemen kantin, memudahkan perusahaan untuk mengontrol pelayanan yang diberikan oleh penyedia kepada pihak perusahaan sehingga pelayanan menjadi lebih baik dan menghilangkan kecurangan dan pemborosan.


SISTEM KANTIN TERDIRI DARI BEBERAPA SISTEM :
A. Yang paling sederhana adalah Mesin Absen yang juga difungsikan sebagai sistem kanti yaitu mencetak kartu kupon makan untuk karyawan. Cara kerja sistem ini adalah ketika karyawan melakukan absen para jam masuk maka printer akan mencetak kartu dari printer yang dihubungkan dengan mesin absen. Jika karyawan sudah mengambil kupon maka tidak dapat lagi mencetak kupon walaupun karyawan melakukan absen kembali.


B. Sistem lainnya yaitu Terminal di tempatkan pada area pelayanan kantin, dan ketika karyawan ke kantin akan mendekatkan kartu atau scan fingerprint dan terminal akan mencocokkan data pada server (data kehadiran karyawan). jika cocok maka mesin akan mencetak kupon atau memberikan tanda kepada petugas kantin bahwa yang bersangkutan dapat dilayani. Jika tidak atau sudah mengambil jatah makan, maka sistem tidak dapat melayani lagi.

C.  Sistem kantin yang lainnya adalah sistem saldo yang diberikan kepada karyawan, karyawan diberikan jatah / saldo makan setiap bulan . Karyawan yang akan dilayani harus mendekatkan kartu ke reader untuk mendapatkan kartu, jika saldo masih mencukupi maka akan keluar kupon, jika tidak karyawan harus membeli atau mengisi top up kartu pada petugas admin.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SISTEM KANTIN TERINTEGRASI SISTEM ABSENSI KARYAWAN

https://www.youtube.com/watch?v=mjgUCSFm-80